9 Cara membuat landingpage meningkatkan konversi 2X

9 Cara membuat landingpage meningkatkan konversi 2X

Apakah kalian sudah memiliki website untuk keperluan promosi bisnis? Apakah kalian menyiapkan landing page yang baik pada website tersebut? Landing page adalah salah satu elemen dari sebuah website seperti halnya menu, home page, hosting, contact form dan beberapa elemen lainnya. Tetapi sebenarnya landing page bukanlah elemen biasa. Tahukah kalian bahwa landing page menjadi salah satu elemen yang mampu mendongkrak konversi?

Landing page ini disebut-sebut sebagai senjata utama bagi para pebisnis online. Karena itulah, landing page wajib dibuat dengan optimal.


Landing Page Adalah Kunci Mendongkrak Konversi

Sebagai salah satu elemen website, landing page memiliki fungsi penting yang perlu dipahami. Landingpage adalah sebuah halaman yang dirancang secara khusus untuk mengarahkan para pengunjung website melakukan tindakan tertentu yang diharapkan menghasilkan konversi.

Karena memiliki fungsi penting, maka landing page design harus elegan dan menarik perhatian pengunjung sejak pertama kali mereka ‘mendarat’ di landing page. Untuk itu, meskipun masih menjadi satu kesatuan dalam sebuah website, tetapi landing page sesungguhnya perlu dibuat terpisah. Tujuannya tak lain supaya pengunjung benar-benar bisa memfokuskan perhatiannya dengan mudah pada landing page tersebut dan tidak terusik perhatiannya dari elemen website lainnya seperti menu-menu atau link.

Cara Membuat Landing Page

Landing page adalah elemen website yang bisa dipakai untuk berbagai jenis promosi. Landing page memudahkan pengunjung untuk mengikuti perintah CTA (Call to Action), seperti untuk melakukan registrasi keanggotaan trial atau terbatas, registrasi penggunaan aplikasi versi demo, reservasi untuk kegiatan tertentu, download ebook dan lain sebagainya.

Landing page juga memungkinkan kalian memasukkan site counter dan atribut sejenis lainnya yang akan memberi banyak manfaat. Misalnya saja untuk memantau banyaknya jumlah pengunjung, lama kunjungan, asal pengunjung terbanyak dan informasi lainnya. Dari informasi tersebut, nantinya kalian bisa melakukan evaluasi untuk kemudian melakukan retargeting.


Cara Membuat Landing Page yang Optimal

Nah, setelah mengetahui apa itu landing page dan fungsinya, lantas bagaimana cara membuat landingpage yang optimal menyaring konversi 2x lipat? Membuat landing page memang tak mudah. Kalian perlu meluangkan waktu khusus untuk membuatnya.


1. Membangun Halaman dan Desain Landing Page

Langkah awal dalam pembuatan landing page adalah merancang desainnya. Kalian bisa membuat desainnya sendiri dari awal jika memiliki kemampuan coding yang mencukupi. Misalnya saja dengan menggunakan Jquery. Alternatif lainnya, kalian bisa menggunakan template khusus untuk landing page yang banyak tersedia. Ada template yang berbayar tetapi tak sedikit pula template yang bisa digunakan secara gratis.

Dalam pembuatan landingpage desain maupun pemilihan template landing page, sebaiknya buat atau pilih template dengan navigasi yang baik dan menarik dilihat. Perhatikan pula mengenai anatomi landing page yang optimal.

Anatomi landing page adalah struktur bagian-bagian dalam sebuah landing page yang terdiri dari headline dan sub headline, gambar atau video atau infografis, manfaat, CTA (Call to Action), page fold atau batas layar monitor, navigasi, deskripsi, testimoni dan trust elements.

Anatomi landing page ini bisa diterapkan pada semua platform landing page mulai dari landing page berbasis HTML, wordpress, blogspot dan lain sebagainya.

Bila kalian menggunakan template yang sudah siap pakai, ingatlah bahwa template landing page adalah titik awal untuk membangun landing page yang optimal. Artinya, kalian tetap harus melakukan penyesuaian sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk mengatur landing page supaya memiliki loading yang cepat sehingga pengunjung mudah untuk mengaksesnya.  Loading landing page yang lambat hanya akan membuat pengunjung kabur karena terlalu lama menunggu konten muncul di layar mereka.

Landing Page Adalah

2. Menambahkan Headline yang Jelas dan Ringkas

Headline landing page adalah rangkaian kata yang mewakili konten landing page dan mampu menyita perhatian pengunjung seketika. Headline yang jelas akan membuat pengunjung langsung melakukan tindakan atau memberi respon atas penawaran yang kalian buat di landing page. Dalam sebuah landing page, headline yang terletak di bagian atas haruslah jelas dan ringkas. Headline harus mampu menarik perhatian pengunjung hanya dalam waktu 8 detik saja.

Headline juga bisa diperjelas dengan menambahkan sub headline. Sub headline berisi penjelasan yang sedikit lebih panjang, misalnya saja mengenai manfaat yang dapat diperoleh pengunjung. Pastikan pula ada kesesuaian yang jelas dan saling mendukung antara headline dan sub headline. Jangan sampai pengunjung masih saja tidak menangkap apa yang kalian tawarkan melalui headline dan sub headline tersebut.

contoh landing page

⛔️⛔️⛔️ Agar anda tidak overload informasi yang masuk ke otak.
Sebagian besar konten ini hanya bisa diakses oleh member GD yang sudah ada minimal stabil 6 sales per hari selama 7 hari terakhir

LOGIN ATAU DAFTAR DIBAWAH
Username : Email yang anda gunakan ketika mendaftar ke GD
Password : Nomor WA yang anda gunakan ketika mendaftar ke GD
👇👇👇 ⛔️⛔️⛔️

9. Mengoptimalkan Page Fold atau Batas Layar Monitor

Secara sederhana, page fold atau batas layar monitor adalah pembatas landing page yang terlihat di layar monitor komputar atau smartphone sebelum pengunjung melakukan scrolling untuk melihat bagian lainnya. Area landing page yang berada di atas page fold atau area yang segera dilihat pengunjung tanpa melakukan scrolling adalah area yang sangat penting. Sebab 80% waktu pengunjung dihabiskan di bagian tersebut. Karena itu, gunakan area di atas page fold untuk menampilkan konten-konten landing page yang bisa mempengaruhi pengunjung sehingga konversi bisa meningkat 2x lipat.

>
error: Ga boleh copas ya !!