10+ Cara Promosi Produk Efektif yang Dapat Meningkatkan Penjualan

10+ Cara Promosi Produk Efektif yang Dapat Meningkatkan Penjualan

Tahukah Anda bahwa kunci keberhasilan untuk meningkatkan hasil penjualan yang tinggi terletak pada bagaimana cara promosi?

Ya!! Cara promosi sangat mempengaruhi hasil penjualan produk. Apa jadinya jika produk Anda berkualitas tapi tak diketahui orang atau malah orang tidak tertarik. Sungguh sangat sayang sekali bukan?

Cara Promosi Produk

Semakin jago Anda menerapkan strategi promosi, maka semakin besar peluang produk Anda laris manis dengan tingkat penjualan yang tinggi di pasaran. Apapun bidangnya, seperti bagi seorang sales, produk rumahan,bisnis online, pakaian, jasa, industri UKM, kerajinan dll.

Ada lagi yang paling penting…

Masing – masing bisnis punya model dan cara tersendiri, punya kriteria sendiri. Sehingga, Anda perlu mahir untuk memilih dan menilai.

Saya yakin Anda merupakan orang yang jenius sehingga bisa mencari solusi terbaik bagi kelancaran bisnis Anda. Nah berikut ini beberapa gambaran promosi hebat yang bisa Anda terapkan.

1. Teknik Klasik Tapi Menarik Yaitu Tentang Diskon

Contoh diskon ganda

Walaupun terbilang klasik, teknik memberikan diskon ternyata memberikan kekuatan tersendiri. Selain memberikan diskon langsung, Anda bisa mencoba teknik diskon ganda. Berikut ini contohnya.

Contoh Diskon Ganda

Teknik double diskon atau diskon ganda dapat membuat calon konsumen berfikir untuk membeli produk Anda. Ini terkait dengan AIDA ( Awareness, Interest, Desire, Action)

Anda tentu pernah melihat tower display yang tertulis “Diskon 40% + 30%”. Mungkin sebagian dari calon konsumen langsung bergumam, wow 70% dong. Padahal tidak demikian cara menghitungnya.

Coba hitung dengan cara sederhana saja. Misal harga jam tangan Rp 100.000, diberi diskon ganda 40%+30%. Caranya kita cari dulu potongan 40% yaitu = 40% x Rp 100.000 = Rp 40.000. Dengan demikian harga jam tangan setelah diskon 40% menjadi Rp 100.000 – Rp 40.000 = Rp 60.000.

Kemudian hitung diskon kedua 30% dengan cara perhitungan = 30% x Rp 60.000 = Rp 18.000. Sehingga harga sebenarnya menjadi Rp 60.000 – Rp 18.000 = Rp. 42.000

2. Trial (Percobaan) Tak Kenal Maka Tak Cinta

Tak kenal maka tak cinta, jargon yang cocok untuk jenis promosi seperti ini. Anda bisa memberikan versi gratis atau trial (percobaan) terlebih dahulu dengan fitur awal. Setelah konsumen membeli, maka fitur utama dapat diaktifkan.

Metode promosi ini sering kita jumpai pada produk digital seperti aplikasi database akuntansi, program kasir, dan jenis produk aplikasi lainnya.

Versi trial memberikan kesempatan pada calon konsumen Anda untuk mencoba performa produk yang Anda tawarkan. Kesempatan ini bisa Anda manfaatkan untuk meyakinkan konsumen.

Jika produk Anda berupa makanan atau parfum, sediakan juga produk yang bisa di test oleh konsumen. Sehingga konsumen dapat mengetahui rasa atau bau dari parfum tersebut.

3. Berikan Bonus Agar Mereka Semakin Tertarik

Teknik yang satu ini pasti sangat familiar di telinga kita semua. Ya, memberikan bonus merupakan salah satu cara promosi yang efektif.

Misalkan kita sering menemui kata – kata beli satu bonus satu, atau 2 in one dan lain sebagainya. Contoh tersebut termasuk kedalam bonus.

Contoh lainnya adalah dengan memberikan CD berupa panduan, memberikan tutorial gratis dan berbagai jenis support bonus lainnya yang mendukung produk utama Anda. Bonus semacam ini bisa memberikan nilai instrinsik pada produk yang Anda jual. Ada semacam rasa puas dari konsumen terhadap produk yang ditawarkan.

⛔️⛔️⛔️ Agar anda tidak overload informasi yang masuk ke otak.
Sebagian besar konten ini hanya bisa diakses oleh member GD yang sudah ada minimal stabil 6 sales per hari selama 7 hari terakhir

LOGIN ATAU DAFTAR DIBAWAH
Username : Email yang anda gunakan ketika mendaftar ke GD
Password : Nomor WA yang anda gunakan ketika mendaftar ke GD
👇👇👇 ⛔️⛔️⛔️

12. Aktif Di Forum Untuk Memperluas Jaringan Promosi

Forum merupakan tempat berkumpulnya orang – orang dalam satu tema atau topik tertentu. Anda bisa mencari topik atau tema forum yang sesuai dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Melalui aktif di forum, Anda bisa menambah pertemanan serta menemukan celah promosi sesuai dengan minat mereka. Jadi, target market memang sesuai dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

13. Iklan yang Membuat Produk Anda Semakin Terkenal

Iklan bertujuan agar produk atau jasa Anda dikenal oleh khalayak ramai. Cara yang paling efektif adalah dengan repetisi atau pengulangan. Semakin sering brand produk dilihat atau didengar, maka semakin besar peluangnya untuk diingat sekaligus dikenal. Inilah mengapa muncul iklan, seperti yang bisa kita lihat di televisi. Iklan sering diputar walau dengan durasi sekian detik. Akan tetapi, dengan adanya repetisi atau pengulangan, brand produk menjadi mudah diingat.

Dengan kemajuan teknologi dan internet. Ada banyak sekali media yang menyediakan pemasangan iklan, seperti yang telah saya tulis pada poin nomor 8 diatas. Google Adword merupakan salah satu penyedia jasa iklan terbaik di internet. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan media koran, majalah, dan berbagai teknik promosi iklan offline lainnya

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda memiliki cara promosi produk efektif yang ingin Anda bagikan. Silahkan tulis pada form komentar dibawah ini. Semoga dengan artikel ini bisa memberikan gambaran untuk Anda dalam menemukan metode terbaik untuk melakukan promosi yang bertujuan meningkatkan penjualan produk.

>
error: Ga boleh copas ya !!